C. Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diuji
|
Indikator Soal
|
1.
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
Membaca QS Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi,peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam ayat tersebut.
| |||
Menyebutkan arti QS Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan QS. Al-Mukminun: 14, peserta didik dapat mengartikan penggalan ayat yang digaris bawahi.
| ||
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78.
|
Ditampilkan wacana tentang manusia sebagai khalifah, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dalam kedudukannya sebagai khalifah di bumi.
| ||
Membaca QS Ali Imran : 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi.
|
Ditampilkan kutipan QS. Ali-Imran: 159 yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi kutipan ayat tersebut.
| ||
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi.
|
Ditampilkan kutipan QS. Asy-syura: 38, peserta didik dapat menjelaskan arti kutipan ayat yang digaris bawahi.
| ||
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran : 159, dan QS Asy Syura : 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ditampilkan wacana tentang pola kehidupan demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku demokrasi yang sesuai dengan QS. Ali Imran : 159 / QS. Asy-syura: 38.
| ||
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164 yang menjelaskan tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
|
Ditampilkan kutipan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menunjukkan arti bacaan ayat yang digarisbawahi.
| ||
Disajikan kutipan salah satu ayat tentang pengembangan Iptek, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat tersebut.
| |||
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164.
|
Ditampilkan wacana tentang pengembangan IPTEK berdasarkan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menentukan peran yang dapat dilakukan dalam mengembangkan IPTEK.
| ||
2.
2.
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna.
|
Menjelaskan makna 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna.
|
Peserta didik dapat mengemukakan arti salah satu sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna.
|
Ditampilkan beberapa Asmaul Husna beserta artinya secara acak , peserta didik dapat menjodohkan Asmaul Husna sesuai dengan artinya.
| |||
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.
|
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat mengenali salah satu tanda beriman kepada Malaikat sesuai dengan kasus tersebut.
| ||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
|
Peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
| ||
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
| ||
Peserta didik dapat mengenali contoh sikap beriman kepada Rasul-rasul yang berkaitan dengan HAM berdasarkan ilustrasi yang disajikan tentang kehidupan Rasulullah.
| |||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda datangnya Hari Akhir.
| ||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir.
| |||
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Hari Akhir.
| |||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadar.
|
Peserta didik dapat mengemukakan tanda-tanda beriman kepada qadha’ dan qadar.
| ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar.
| |||
Peserta didik dapat menganalisis macam macam Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari.
| |||
3.
3.
|
Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah.
|
Menjelaskan tentang husnuzhan
|
Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang berhubungan dengan husnuzhan.
|
Menganalisis contoh perilaku husnudzan terhadap sesama manusia.
|
Disajikan beberapa contoh tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali perilaku husnudzan terhadap sesama manusia.
| ||
Menunjukkan tata-cara bertaubat.
|
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku tercela yang dilakukan oleh seseorang, peserta didik dapat menunjukkan tatacara bertaubat secara tepat.
| ||
Membiasakan diri untuk berperilaku taubat.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi kebiasaan berprilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari.
| ||
Menjelaskan manfaat raja.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan, peserta didik dapat menunjukkan manfaat raja.
| ||
Menunjukkan contoh perilaku raja.
|
Disajikan narasi tentang perilaku manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku raja.
| ||
Menjelaskan bahaya israf.
|
Disajikan narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan bahaya israf.
| ||
Menunjukan cara menghindari tabzir.
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tabdzir,peserta didik dapat menunjukan cara menghindari tabzir.
| ||
Mengidentifikasi akibat perilaku fitnah.
|
Disajikan narasi tentang kebiasaan berperilaku fitnah, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat fitnah.
| ||
4.
4.
|
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam.
|
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, Ijtihad dan hukum taklifi.
|
Disajikan wacana tentang tiga sumber hukum Islam, peserta didik dapat menunjukkan kedudukan salah satu sumber hukum tersebut.
|
Disajikan wacana tentang masalah ijtihadi dalam masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan tentang pentingnya ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam.
| |||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
| |||
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang jual beli, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun jual beli.
| ||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh praktik riba dalam kehidupan sehari-hari.
| |||
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah.
| |||
Menjelaskan ketentuan perkawinan dalam Islam.
|
Disajikan ilustrasi tentang pernikahan, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang termasuk rukun nikah.
| ||
Disajikan kasus tentang pernikahan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernikahan yang dilarang.
| |||
Ditampilkan contoh kasus tentang perceraian, peserta didik dapat menjelaskan ketentuan iddah.
| |||
Menjelaskan ketentuaun perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
| ||
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
Peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab seseorang mendapat harta waris.
| ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi ahli waris dzawil furudh.
| |||
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris.
|
Disajikan contoh kasus dalam hukum waris, wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris.
| ||
Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam.
|
Peserta didik dapat menunjukkan hikmah waris.
| ||
5.
5.
|
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.
|
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah.
|
Disajikan kisah singkat dakwah Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menyimpulkan strategi da’wah yang digunakan oleh Rasululullah SAW.
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap toleransi Rasulullah dalam berda’wah.
| |||
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
| ||
Peserta didik dapat menganalisis peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
| |||
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
|
Peserta didik dapat mengenali bukti perkembangan Islam di dunia.
|
Jakarta, 18 November 2010.
Direktur Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan,
Dr. H. Imam Tholkhah, MA.
Prof.Djemari Mardapi, Ph.D.
Prof.Djemari Mardapi, Ph.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar