C. Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan
No. | Standar Kompetensi Lulusan | Kemampuan yang Diuji | Indikator Soal |
1. | Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. | Membaca QS Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi. | Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut. |
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi,peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam ayat tersebut. | |||
Menyebutkan arti QS Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi. | Ditampilkan kutipan QS. Al-Mukminun: 14, peserta didik dapat mengartikan penggalan ayat yang digaris bawahi. | ||
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78. | Ditampilkan wacana tentang manusia sebagai khalifah, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dalam kedudukannya sebagai khalifah di bumi. | ||
Membaca QS Ali Imran : 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi. | Ditampilkan kutipan QS. Ali-Imran: 159 yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi kutipan ayat tersebut. | ||
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi. | Ditampilkan kutipan QS. Asy-syura: 38, peserta didik dapat menjelaskan arti kutipan ayat yang digaris bawahi. | ||
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran : 159, dan QS Asy Syura : 38 dalam kehidupan sehari-hari. | Ditampilkan wacana tentang pola kehidupan demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku demokrasi yang sesuai dengan QS. Ali Imran : 159 / QS. Asy-syura: 38. | ||
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164 yang menjelaskan tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. | Ditampilkan kutipan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menunjukkan arti bacaan ayat yang digarisbawahi. | ||
Disajikan kutipan salah satu ayat tentang pengembangan Iptek, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat tersebut. | |||
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164. | Ditampilkan wacana tentang pengembangan IPTEK berdasarkan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menentukan peran yang dapat dilakukan dalam mengembangkan IPTEK. | ||
2. 2. | Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna. | Menjelaskan makna 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna. | Peserta didik dapat mengemukakan arti salah satu sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna. |
Ditampilkan beberapa Asmaul Husna beserta artinya secara acak , peserta didik dapat menjodohkan Asmaul Husna sesuai dengan artinya. | |||
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat. | Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat mengenali salah satu tanda beriman kepada Malaikat sesuai dengan kasus tersebut. | ||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT. | Peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT. | ||
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT. | Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT. | ||
Peserta didik dapat mengenali contoh sikap beriman kepada Rasul-rasul yang berkaitan dengan HAM berdasarkan ilustrasi yang disajikan tentang kehidupan Rasulullah. | |||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda datangnya Hari Akhir. | ||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir. | |||
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Hari Akhir. | |||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadar. | Peserta didik dapat mengemukakan tanda-tanda beriman kepada qadha’ dan qadar. | ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar. | |||
Peserta didik dapat menganalisis macam macam Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari. | |||
3. 3. | Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah. | Menjelaskan tentang husnuzhan | Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang berhubungan dengan husnuzhan. |
Menganalisis contoh perilaku husnudzan terhadap sesama manusia. | Disajikan beberapa contoh tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali perilaku husnudzan terhadap sesama manusia. | ||
Menunjukkan tata-cara bertaubat. | Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku tercela yang dilakukan oleh seseorang, peserta didik dapat menunjukkan tatacara bertaubat secara tepat. | ||
Membiasakan diri untuk berperilaku taubat. | Peserta didik dapat mengidentifikasi kebiasaan berprilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menjelaskan manfaat raja. | Disajikan ilustrasi tentang kehidupan, peserta didik dapat menunjukkan manfaat raja. | ||
Menunjukkan contoh perilaku raja. | Disajikan narasi tentang perilaku manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku raja. | ||
Menjelaskan bahaya israf. | Disajikan narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan bahaya israf. | ||
Menunjukan cara menghindari tabzir. | Disajikan ilustrasi tentang perilaku tabdzir,peserta didik dapat menunjukan cara menghindari tabzir. | ||
Mengidentifikasi akibat perilaku fitnah. | Disajikan narasi tentang kebiasaan berperilaku fitnah, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat fitnah. | ||
4. 4. | Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam. | Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, Ijtihad dan hukum taklifi. | Disajikan wacana tentang tiga sumber hukum Islam, peserta didik dapat menunjukkan kedudukan salah satu sumber hukum tersebut. |
Disajikan wacana tentang masalah ijtihadi dalam masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan tentang pentingnya ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam. | |||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari | |||
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. | Disajikan sebuah ilustrasi tentang jual beli, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun jual beli. | ||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh praktik riba dalam kehidupan sehari-hari. | |||
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah. | |||
Menjelaskan ketentuan perkawinan dalam Islam. | Disajikan ilustrasi tentang pernikahan, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang termasuk rukun nikah. | ||
Disajikan kasus tentang pernikahan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernikahan yang dilarang. | |||
Ditampilkan contoh kasus tentang perceraian, peserta didik dapat menjelaskan ketentuan iddah. | |||
Menjelaskan ketentuaun perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. | Peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974. | ||
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris. | Peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab seseorang mendapat harta waris. | ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi ahli waris dzawil furudh. | |||
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris. | Disajikan contoh kasus dalam hukum waris, wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris. | ||
Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam. | Peserta didik dapat menunjukkan hikmah waris. | ||
5. 5. | Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia. | Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah. | Disajikan kisah singkat dakwah Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menyimpulkan strategi da’wah yang digunakan oleh Rasululullah SAW. |
Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap toleransi Rasulullah dalam berda’wah. | |||
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia. | Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia. | ||
Peserta didik dapat menganalisis peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia. | |||
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia. | Peserta didik dapat mengenali bukti perkembangan Islam di dunia. |
Jakarta, 18 November 2010.
Direktur Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan,
Dr. H. Imam Tholkhah, MA. Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar